Live Chat
ads
Penyakit

Ada Bahaya Kesehatan di Balik "Kriuk-nya" Krupuk

23 Jun | Diposting Oleh Klinis

Ada Bahaya Kesehatan di Balik "Kriuk-nya" Krupuk

Kerupuk. Banyak dari orang Indonesia yang menjadikan kerupuk sebagai “teman” makanan karena sensasi garing dan renyah dari kerupuk. Namun, ternyata kerupuk memiliki kalori ringan yang tidak bisa dianggap remeh! Kandungan kalori ini apabila terlalu banyak dikonsumsi bisa berdampak terhadap kesehatan. Penasaran? Yuk mari bandingkan kalori rata-rata kerupuk! 

Berikut perbandingan kalori rata-rata beberapa jenis krupuk per 100 gram atau satu ons sajian: 
- Kerupuk kemplang panggang (3 buah): 356 kkal 
- Kerupuk kaleng atau mie ukuran sedang (3 buah): 476 kkal 
- Kerupuk emping manis (100 gram): 439 kkal 
- Kerupuk emping asing (100 gram): 431 kkal 
- Kerupuk kulit atau rambak kulit (100 gram): 422 kkal 
- Keripik singkong (1 bungkus atau 100 gram): 478 kkal 
- Keripik kentang (1 bungkus atau 100 gram): 448 kkal

Sejumlah kerupuk harus dipertimbangkan baik dalam cara mengolahnya, dan tentu bahan pembuatannya. 

Menurut Tan dikutip dari health.kompas.com, “hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan-bahan lainnya. Beberapa kerupuk juga mengandung tepung, gula, micin, garam dan esens ikan”. Selain itu, beliau juga  tidak arif rasanya  jika hanya mengganti teknik memasakn kerupuk dari di goreng menjadi di-microwave atau dipanggang hanya demi kerenyahan yang kelihatannya “lebih sehat” 

Efek terlalu banyak kalori Kebiasaan sederhana seperti makan sambil mengudap kerupuk dan keripik apabila dibiarkan bisa punya efek negatif bagi kesehatan. Melansir Live Strong, kalori sebenarnya energi yang digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh untuk bergerak. Kebutuhan energi tersebut bergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, kondisi kesehatan, sampai aktivitas sehari-hari. Begitu pasokan kalori terlalu banyak atau lebih besar daripada yang dikeluarkan untuk beraktivitas, tubuh seseorang dapat menyimpan kelebihannya sebagai lemak. Kelebihan kalori umumnya disimpan dalam bentuk trigliserida atau lemak jahat. (source : Health.kompas.com)

Maka dari itu, marilah lebih bijak dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi ya, Teman! Karena kesehatan kamu adalah nomor satu! 

Sumber : www.health.kompas.com

ads
Pencarian
Tags
ads