Live Chat
ads
Penyakit

Mari pahami Stroke, Penyakit Krusial yang Dapat Diatasi Sedini Mungkin!

29 Oct | Diposting Oleh Klinis

Mari pahami Stroke, Penyakit Krusial yang Dapat Diatasi Sedini Mungkin!

Pada tahun 2021, Tema yang diangkat dalam kampanye Hari Stroke Sedunia 2021 adalah Save Minutes, Save Lives campaign. Saat seseorang terserang stroke, maka setiap detik yang berjalan usai serangan adalah waktu yang sangat krusial. Kampanye The Precious Time atau waktu yang berharga, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang tanda-tanda awal stroke dan keuntungan bertindak cepat setelah seseorang terkena serangan stroke. Anda bisa menyelamatkan nyawa, sekaligus kualitas hidup seseorang, juga kemandirian dan memori jika Anda dapat melakukan antisipasi sebelum stroke terjadi.

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Laman world-stroke.org melansir, peringatan tersebut diprakarsai oleh WSO (World Stroke Organization) yang menyediakan platform global bagi komunitas stroke untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Juga, mendorong tindakan yang lebih baik terhadap penderita stroke di seluruh dunia. Hari Stroke Sedunia maka menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran pada seriusnya ancaman penyakit tersebut dan tingginya angka penderita saat ini.

Perlunya peningkatan kesadaran akan tanda-tanda stroke dan perlunya akses tepat waktu ke pengobatan stroke yang berkualitas.

Sejarah Stroke

Menurut website Tirto.id, Sejarah Hari Stroke Sedunia Awalnya ide untuk meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penyakit stroke ke seluruh dunia, digagas oleh European Stroke Initiative sekira tahun 1990-an. Namun ide itu baru terealisir di wilayah Eropa saja akibat terbatasnya dana. Organisasi The European Stroke lalu meneruskan ide tersebut dengan mencanangkan tanggal 10 Mei sebagai Hari Stroke Sedunia. Pada Kongres Stroke Sedunia 2004 yang digelar di Vancouver, Kanada, WSO kemudian mengubah peringatan Hari Stroke Sedunia yang telah disepakati tersebut ke tanggal 29 Oktober. Lalu Oktober 2006 Vladimir Hachinski membentuk World Stroke Proclamation dan di tahun yang sama International Stroke Society dan World Stroke Federation berkolaborasi menjadi WSO yang telah dikenal saat ini. Peralihan kepemimpinan WSO di 2009 menjadi awal mula kegiatan edukasi dan kampanye tentang stroke. Tidak lagi sekedar peringatan satu hari, namun kampanye dan edukasi berjalan sepanjang tahun untuk peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit ini serta cara penanganannya. Tema Hari Stroke Sedunia 2021 Merujuk pada laman world-stroke.org,

Gejala awal stroke yang umumnya dialami oleh pasien:

- Face drooping (wajah terkulai), adalah kondisi saat otot sebelah sisi wajah melemah, sehingga menyebabkan wajah terlihat tidak simetris. Misalnya terlihat bibir yang melorot, juga mata dan pipi.

- Arm weakness (tangan melemah), adalah kondisi saat otot tangan menjadi lebih lemah. Biasanya terjadi pada sisi tubuh yang sama dengan sisi wajah yang terkulai.

- Speech difficulties (kesulitan berbicara), adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk berbicara.

- Time to call, jika seluruh tanda atau gejala awal itu sudah terlihat, segera hubungi dokter atau pihak medis untuk mendapatkan pertolongan sebelum serangan stroke terjadi.


Reference : 
https://tirto.id/hari-stroke-sedunia-2021-sejarah-tema-dan-logo-world-stroke-day-gkNH
https://pantirapih.or.id/rspr/cegah-stroke-jangan-biarkan-anda-menjadi-salah-satu-penderita-stroke/

ads
Pencarian
Tags
ads