Live Chat
ads
Hidup Sehat

Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol. Sama-sama Lemak kan?!

06 Jan | Diposting Oleh Klinis

Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol. Sama-sama Lemak kan?!

Pasti dari kita semua tidak asing dengan istilah kolesterol adn trigliserida. Apakah kedua zat tersebut berbahaya dan dari makanan jenis apa saja yang mengandung dua zat tresebut? 

 

Kolesterol dan trigliserida merupakan dua zat lemak yang tidak berbahaya bagi tubuh, selama jumlahnya tidak berlebihan. Keduanya merupakan zat lemak yang terbentuk dari makanan berlemak yang kita konsumsi setiap harinya. Baik lemak jenuh dan tak jenuh akan dipecah menjadi asam lemak. Kemudian lemak tersebut akan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan apabila kedua zat ini jumlahnya terlalu banyak, akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

 

Pengertian Kolesterol. 

Kolesterol adalah zat yang terbentuk dari lemak jenuh yang sumbernya didapat dari makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak sumber lemak jenuh pada asupan kuta, makan semakin banyak kolesterol yang akan diproduksi oleh tubuh. Kolesterol juga dihasilkan secara alami di dalam tubuh, tepatnya di bagian organ tubuh hati (liver). Maka  itu, membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans yang kita konsumsi setiap harinya untuk dapat mejaga kolesterol tetap normal di dalam tubuh kita. 

 

Terdapat dua tipe kolesterol, diantaranya : 

LDL (Kolesterol jahat)

Kolesterol termasuk dalam kategori "jahat" karena menghasilkan lemak di jaringan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyempitan pembuluh darah ke area kaki. 

 

HDL (Kolesterol baik)

Sementara HDL akan membawa LDL (kolesterol jahat) menjauhi arteri dan kembali ke area hati, dimana LDL akan dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh. Namun tidak semua HDL dapat menghancurkan Kolesterol LDL, hanya sepertiga hingga seperempat darah yang mengandung kolesterol yang dibawa oleh HDL. 

 

Pengertian Trigliserida

Trigliserida merupakan cadangan energi tubuh yang dihasilkan dari makanan berlemak dan mengandung sumber karbohidrat. Ketika energi di dalam tubuh telah terpenuhi, sisa glukosa dan protein yang masih ada di dalam darah akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan menjadi cadangan energi. 

 

Apabila trigliserida dan kolesterol jahat didalam tubuh tinggi, maka akan sangat membahayakan kesehatan tubuh dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit kronis lainnya. 

Maka  dari itu, perhatikan jumlah kolesterol dan trigliserida di dalam darah kita. Batas normal trigliserida yang ada di dalam tubuh adalah kurang dari 150 mg/ dl. Sedangkan, anda harus waspada apabila jumlah kolesterol berada di antara 200 - 240 mg/ dl dan lebih dari itu. 

Anda dapat memeriksa kadar kolesterol dan trigliserida secara rutin, misalnya per 6 bulan hingga satu tahun sekali. 

 

Source : 

Triglycerides: Why do they matter?. Retrieved 29 June 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/triglycerides/art-20048186

HDL (Good), LDL (Bad) Cholesterol and Triglycerides. Retrieved 29 June 2020, from https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/hdl-good-ldl-bad-cholesterol-and-triglycerides

Triglycerides. Retrieved 29 June 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/11117-triglycerides

https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/perbedaan-kolesterol-dan-trigliserida/

https://www.freepik.com/photos/love

 

ads
Pencarian
Tags
ads